Setiap melakukan suatu tindakan,mengambil sebuah keputusan merupakan hal yang paling penting untuk menentukan apakah hal tersebut dapat berdampak baik atau buruk bagi kita,seperti keputusan dalam memilih sekolah,keputusan dalam memilih karyawan,keputusan dalam membeli sebuah barang dan lain-lain. Dan disini kita akan membahas bagaimana proses pengambilan keputusan oleh konsumen. Proses pengambilan keputusan terdiri dari lima langkah, antara lain :
- Pengenalan Kebutuhan
Faktor yang mempengaruhi pengaktifkan kebutuhan,yaitu:
- Waktu,konsumen yang terbiasa makan pagi,maka secara otomatis ia akan merasa lapar lagi pada siang hari.
- Perubahan situasi,konsumen yang melahirkan akan mengenali banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.
- Pemilikan produk,memiliki suatu produk seringkali membuat konsumen tersebut menginginkan kebutuhan yang lain.
- Konsumsi produk,disaat produk yang digunakan konsumen tersebut sudah habis,maka konsumen itu akan membeli lagi produk yang sama.
- Perbedaan individu,pemikiran dari konsumen memiliki perbedaan dalam memilih sebuah produk,seperti konsume A membeli handphone karena handphone yang lama sudah rusak sedangkan konsumen B membeli handphone karen ingin mengikuti trend.
- Pencarian Informasi
- Pencarian Internal
Konsumen akan memutar kembali semua
memori-memori mengenai informasi merek-merek produk yang kemudian akan
dipisahkan kedalam tiga kategori,yaitu perangkat pertimbangan
(merek-merek atau produk yang diterima konsumen),perangkat lambat
(merek-merek atau produk yang diacuhkan konsumen),perangkat tak layak
(merek-merek atau produk yang dianggpa tak layak).
- Pencarian Eksternal
Merupakan pencarian informasi melalui
sumber-sumber luar, seperti bertanya pada teman atau penjual yang
menjual produk tersebut,melihat iklan,membaca surat kabar.
- Evaluasi Alternatif
- Teknik Kompensatori
Kelebihan suatu atribut dari sebuah merek
dapat menutupi kelemahan dari atribut lainnya. Konsumen akan
mengevaluasi keselurah atribut yang dimiliki suatu merek, lalu konsumen
tersebut akan memberikan penilaian secara keseluruhan.
- Teknik Non Kompensatori
Berbeda dengan teknik kompensatori, sebuah
atribut merek ynag memiliki nilai yang tinggi tidak bisa menutupi
atribut merek yang memiliki nilai yang rendah.
- Teknik Leksikografik
Kosumen akan mengevaluasi merek alternatif berdsarakan atribut yang paling dianggap penting.
- Teknik Pengurangan Bertahap
Teknik ini sama seperti teknik
Leksikografik, tapi memiliki perbedaan dimana teknik ini menetapkan
bahwa nilai minimal atau standar merupakan atribut yang paling dianggap
penting
- Teknik Konjungtif
Konsumen akan menetepkan batas minimum standar atau nilai untuk setiap atribut yang dievaluasi
- Teknik Disjungtif
Teknik ini memiliki persamaan dengan
teknik Konjungtif,bedany teknik ini akan memilih merek yang mempunyai
nilai yang tertinggi pada salah satu atribut dari merek tersebut
- Keputusan Pembelian
- Evaluasi Pasca Pembelian
Dalam proses pengambilan keputusan terdapat 5 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen,antara lain :
- Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
- Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamnya terhadap rangsangan tersebut.
- Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka seseorang akan suatu hal.
- Intergrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
http://kikinurmala.blogspot.com/2010/01/proses-pengambilan-keputusan-perilaku.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://sengguruh.dosen.narotama.ac.id/files/2011/04/13.PROSES-PENGAMBILAN-konsumen.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar