Kamis, 22 November 2012

metode segmentation

Berbagai cara yang banyak dilakukan oleh para pengusaha agar usahanya tetap terus berjalan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah tetap terus memberi pelayanan terbaik agar para pelanggan tetap percaya kepada produkyang kita buat sehingga ada peluang yang cukup besar untuk memperluas wilayah penjualan.
Pada “ FEBI SHUTTLECOCK”, pemilik usaha di wajibkan tahu tentang dasar membaca keadaan pasar. Dalam dunia pemasaran sering dinamakan teori segmentation, targeting, dan positioning.
Pada tahap segmentation, sang pemilik “ FEBI SHUTTLECOCK” mengelompokkan pasar berdasarkan keinginan, kebisaan (behavior), dan karakter yang dimilki oleh para pelanggannya. Sehingga diharapkan pelaku usaha mampu menganalisis permintaan pasar.
Beberapa karakter umum yang sudah dapat dianalisa oleh pelaku usaha, antara lain sebagai berikut:
1.Rela menunggu barang yang di inginkan
Sebagian besar pelanggan rela datang ke tempat produksi shuttlecock demi mendapatkan cock yang kualitas bagus dan cock asih dalam keadaan bagus, Tak jarang konsumen yang datang ke tempat home industri ini para penggila badminton.
2. Pelanggan yang banyak maunya
Banyak pelanggan yang selalu meminta cock bagus namun dengan harga yang murah,,sedangkan kalau di beri cock yang sesuai dengan harganya...mereka selalu komplain. Jika ada cock yang bagus konsumen selalu minta sample cock terlebih dahulu.
3. Konsumen musiman
       Dalam arti banyak konsumen yang berminat untuk membeli shuttlecock dan bermain badminton pada saat ada turnament bulutangkis saja, selebihnya para konsumen cock relatif rame.

4. Pesanan Besar Namun Bayar Lambat
Susah juga kalau dapat order besar namun pembayaran agak lambat. Ada beberapa pelanggan yang memiliki kebiasaan seperti ini. Sang pelaku usaha tak jarang  terlihat santai menghadapi para pelanggan ini. Hal itu dikarenakan keuntungan yang diperoleh pun sebanding dengan pengorbanan yang telah mereka lakukan.
Karakteristik para pelanggan yang cukup banyak dapat membuat sang pemilik menentukan target yang cocok dengan usaha bisnisnya saat ini. Target pasar yang dipilih oleh sang pelaku usaha, yaitu fokus saat musim turnament badminton tiba dan ada juga tips buat mensiasati itu, yaitu produsen sering kali membuat gudang untuk tempat stock.Sehingga diharapkan saat musim turnament tiba, produsen bisa langsung menjual cock sudah di stok dengan tidak mengabaikan kualitas barang yang di jual.
Walaupun lamban dalam hal pelunasan, untuk para pelanggan yang senang dengan pesanan besar,untuk sang pemilik pun juga sangat menyukai jenis pasar yang jenis ini. Sebab, keuntungan yang didapat cukup besar dan pekerjaan yang dilakukan dapat dikerjakan dalam satu waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar